Lebih Baik Beriklan di Facebook Ads atau Beriklan di Google Ads? Akhir-akhir ini banyak klien WebNesia menanyakan hal tersebut, khusus untuk beriklan di facebook.
Namun sebgaian besar dari pertanyaan tersbut lebih ke rasa ingin tau bahwa, lebih baik mana antara beriklan menggunakan facebook “Facebook Ads” atau menggunakan iklan di google “Google Ads” (dulu namanya Google Adwords)
Semakin hari semakin banyak yang bertanya, maka dari itu Kami membuat artikel ini.
Sebelum adanya facebook ads tentunya google adwords lebih di kenal masyaratakt bahkan Anda juga Kami rasa begitu. Seiring berjalannya waktu, kini facebook tidak bisa dipandang sebelah mata. Bahkan dengan ketenaran facebook di tahun 2019 ini bisa menjadi media iklan nomor 1.
Keren ya..
Lanjut, untuk facebook ads konsepnya adalah sama dengan google ads, sama-sama iklan akan berjalan jika ada saldo. hehe.
Tanpa adanya saldo iklan tidak akan bisa berjalan sebagaimana mestinya.
Muncullah pertanyaan seperti dibawah ini
Daftar Isi
Platform Iklan Mana yang harus saya pilih?
Jadi, bagus mana antara menggunakan facebook atau menggunakan google untuk saya berikaln
Pastinya Anda tidak akan pernah tahu sebelum Anda sendiri mencobanya. Namun Anda bisa mempertimbangkan platform mungkin lebih cocok buat Anda beriklan dengan membaca beberapa faktor berikut:
- Jenis Usaha/Bisnis Anda. Seberapa besar bisnis Anda? Seberapa rumit atau unik produk Anda? Apakah Anda pemain lokal atau internasional dalam memasarkan produk? Dari faktor ini menjadi salah satu kunci platform iklan mana yang cocok.
- Tujuan Anda. Apakah Anda mau membranding bisnis Anda dengan merek yang Anda miliki? Ingin menghasilkan lead? Meningkatkan konversi penjualan? Sekali lagi, faktor-faktor ini juga dapat mempengaruhi keputusan Anda untuk menentukan iklan di google atau facebook.
- Audiens Anda. Apakah audiens target Anda berada di Facebook? Atau apakah Anda lebih mungkin menemukannya melalui Iklan Google? Menurut penelitian Forrester, 34% anak muda berpikir bahwa Facebook adalah untuk “orang tua”
Kami telah bekerja dengan beberapa klien WebNesia yang meminta diiklankan di Facebook dan Google. Hanya dalam salah satu kasus atau project yang Kami tangani, iklan Facebook lebih mengungguli iklan Google.
Tidak selamanya beriklan di facebook itu berhasil ya, banyak juga klien WebNesia yang mencoba beriklan di facebook itu rugi. Istilahnya Boncos
Mengapa Beriklan di Facebook Gagal
Banyak juga sih beberapa klien kami telah beriklan di Facebook dengan hasil yang masuk baik intinya disini memuaskan, banyak juga yang mencoba dan gagal. Jika beriklan di facebook gagal jangan salahkan facebooknya ya hehe.
Jika iklan gagal bisa jadi karena faktor berikut
- Mempercayakan jasa iklan yang salah
- Anggaran saldo beriklan tidak sesuai
- Menargetkan iklan atau tujuan yang salah
- Mencoba beriklan tanpa dukungan profesional atau main iklan-iklan aja, asal-asalan.
Jadi begini, jangan mentang-mentang Anda bisa menggunakan facebook. Begitupun dengan beriklan. Pasti settingnya mudah, semudah menggunakan aplikasi facebook.
Memang betul, beriklan di facebook itu mudah, tapi ingat ada perbedaan besar di antara keduanya!
Oh iya, Ngomong-ngomong, faktor yang tercantum di atas (mempekerjakan agen yang salah, dll.) Bukan berlaku untuk iklan facebook saja ya. Banyak iklan di Google, gagal karena alasan yang sama seperti diatas.
Iklan Facebook dan Iklan Google Dapat Bekerja Sama
Wah keren ya, Facebook dan Google bekerja sama.
Harus memilih antara iklan Facebook dan iklan Google, sebenarnya, tidak begitu juga sih. Mengapa Anda tidak memanfaatkan keduanya.
Nahhh…ketemu solusi baru.
Jadi Kami memiliki klien yang tidak mau ambil pusing, pilih iklan facebook atau google.
Sebagai contoh, WebNesia memiliki klien badan atau lembaga yang menggunakan iklan Facebook untuk meminta sumbangan atau biasa disebut donasi.
Facebook diatur dengan baik untuk tujuan semacam ini. Pengiklan dapat membuat Call to Action berupa tombol “donasikan sekarang” di iklan yang dibuat serta halaman Facebook fanspagenya.
Klien kami mengaku, jika beriklan di google hasilnya berbeda.
Bisa dibilang beriklan di facebook lebih dinamis dan bisa banyak variasi-variasi iklan.
Contoh lain menargetkan iklan dengan tombol chat to WhatsApp atau bia juga saat klik iklan maka akan di redirect ke messenger.
Keren kan fitur facebook ads yang satu ini, tentunya tidak Anda temukan di Google Ads.
Jika Anda masih bertanya mengenai Platform mana yang harus Anda pilih? Kami jawab Coba Keduanya.
Tidak ada jawaban pasti untuk platform periklanan mana yang lebih baik dari yang lain.
Jika Anda beriklan atau kolaborasikan iklan Anda antara google ads dan facebook ads,maka iklan Anda jauh lebih nendang nantinya.
Oh iya, dari tadi ngomonging masalag Facebook Ads dan Google Ads, di WebNesia sebagai Jasa Pembuatan Website juga menyediakan paket beriklan.
Silakan klik link berikut
Jika butuh konsultasi seputar website development dan digital marketing boleh langsung kontak Admin atau chat online di website ini ya.
Jangan lupa share ya, agar teman-teman Anda tahu pilih iklan menggunakan facebook atau iklan menggunakan google.
Sampai jumpa di artikel berikutnya.