Mempunyai website e-commerce merupakan salah satu aspek yang patut dipertimbangkan oleh para pelaku bisnis. Di era serba digital saat ini, di mana orang-orang sangat mudah mengakses internet, hanya memasarkan produk lewat media sosial tidaklah cukup. Harus ada usaha lebih yaitu dengan membuat website toko online resmi yang akan menunjang penjualan produk kita.
Lalu, bagaimana caranya membuat website e-commerce untuk bisnis kita?
Pertama-tama, kita perlu meriset dahulu tentang penyedia layanan website builder di internet. Selanjutnya, kumpulkan dan pelajari informasi sebanyak-banyaknya. Jangan sampai kita memilih jalur yang instan sehingga berakibat buruk pada perjalanan bisnis kita. Jangan tergiur juga dengan harga yang murah tapi ternyata tidak profesional. Hanya karena ketidaktahuan kita, imbasnya akan besar pada kredibilitas usaha yang sudah susah payah kita bangun.
Salah satu penyedia layanan e-commerce website builder yang tepercaya adalah WebNesia. Lewat WebNesia, kita akan mendapatkan bantuan profesional dalam membuat website untuk bisnis yang sedang dikelola.
Seberapa penting sih memiliki website e-commerce bagi sebuah bisnis?
Tentu penting! Ini jawaban paling sederhananya. Adanya website e-commerce membantu para pedagang untuk menjangkau lebih luas skala pasar. Kenapa bisa begitu?
Daftar Isi
Website sebagai media informasi
Sering kali kita menemukan halaman khusus yang menyediakan informasi tentang penjual dalam website bisnis, kan? Jika kita hanya bisa menampangkan sedikit informasi di bio Instagram, di website e-commerce ini kita bisa menyertakan alamat dan peta lokasi toko yang kita dirikan. Jika toko kita memiliki cabang, kita juga bisa menyertakannya di sana. Ini jelas akan mempermudah para pelanggan untuk menjangkau toko kita.
Website sebagai sarana pemasaran
Jika di zaman dulu kita sering melihat para salesman melakukan door-to-door untuk menjual produk, kini cara yang paling efektif untuk berjualan adalah dengan memasarkan di internet. Yang kita perlukan adalah mempelajari cara beriklan dan mempromosikan produk. Sebagai pelaku bisnis, kita perlu mengikuti kelas-kelas Digital Marketing untuk memperbaharui pengetahuan kita dalam berdagang.
Ada banyak cara untuk beriklan di internet. Salah satu caranya adalah dengan membuat iklan dan menggunakan website kita sebagai landing page. Sehingga begitu calon customer kita klik iklan tersebut, akan langsung diarahkan ke website e-commerce kita.
Dapat berkomunikasi dengan pelanggan
Feedback dari pelanggan tentu amat diharapkan oleh setiap pelaku bisnis sebagai bahan evaluasi ke depannya. Baik dari produk, pengiriman, atau pelayanan. Memiiki website e-commerce yang menampilkan fitur chat langsung antara penjual dan pembeli akan mempermudah kedua belah pihak untuk berkomunikasi dan bertukar informasi.
Menekan anggaran operasional
Dengan memiliki website e-commerce yang profesional, sebuah bisnis dapat menekan anggaran operasional yang biasa dikeluarkan ketika berdagang secara offline. Dalam beriklan contohnya, biaya yang dikeluarkan untuk mempromosikan produk lewat online lebih murah dibanding memasang billboard di jalan atau menyebarkan katalog dari rumah ke rumah. Keefektifan ini sangat bermanfaat secara waktu dan tenaga. Dengan anggaran yang lebih kecil, keuntungan yang akan didapat cenderung lebih besar.
Dapat bersaing dengan kompetitor
Dengan membuat website e-commerce sebagai sarana berjualan, otomatis kita selangkah lebih maju daripada kompetitor kita yang hanya menggunakan media sosial. Kehadiran website e-commerce dapat membuat para calon pelanggan percaya pada bisnis kita.
Menunjukkan kredibilitas bisnis
Seperti yang disebutkan di poin sebelumnya, adanya website e-commerce akan menambah poin plus bisnis kita di mata para calon pelanggan. Banyak di antara mereka yang melakukan riset kecil-kecilan dari satu toko ke toko lain tentang produk yang sama dengan yang kita jual. Tentunya, mereka akan mencari toko yang kredibilitasnya sudah teruji, bukan? Maka, kehadiran website e-commerce akan menjamin penilaian mereka terhadap bisnis kita.
Membangun karakter dan brand bisnis
Website sering kali menjadi momok penilaian tentang bisnis yang kita presentasikan. Lewat desain dan penataannya, kita bisa merepresentasikan karakter bisnis yang sedang dikelola. Desain website sendiri berpengaruh pada jumlah traffic para pengunjung, yang akan berpengaruh pula pada penjualan kita. Oleh karena itu, sebagai pelaku bisnis, kita juga jangan lupa selalu memperbaharui informasi produk kita di website, ya!