Daftar Isi
Mengapa Menggunakan Google Analytics?
Jika Anda memiliki website, Anda harus menggunakan Google Analytics.
Tidak ada pengecualian di sini – ini adalah alat yang berguna dan penting untuk setiap pemilik website. Salah satu hal pertama yang kami sarankan untuk dilakukan pemilik website saat meluncurkan situs baru adalah menyiapkan pelacakan untuk Google Analytics.
Tapi mengapa itu sangat penting?
7 Alasan Menggunakan Google Analytics
Google Analytics mudah diketahui bahkan oleh pemilik website baru yang paling ramah sekalipun dan Google Analytics memberi Anda banyak informasi berharga. Berikut adalah contoh dari beberapa manfaat terpenting yang ditawarkan alat ini.
1. Anda dapat melihat bagaimana orang menemukan situs web Anda
Ada lebih dari 1 miliar website online saat ini. Masing-masing dari mereka berlomba-lomba untuk mendapatkan perhatian di dunia internet yang penuh sesak. Agar website Anda melakukan tugasnya – apa pun itu – orang harus dapat menemukannya.
Google Analytics memiliki seluruh bagian, Akuisisi, yang ditujukan untuk memberi Anda informasi tentang bagaimana pengunjung website Anda menemukan Anda. Google melacak berapa banyak orang yang mendarat di website Anda setelah mengklik tautan di hasil pencarian (hasil organik), berapa banyak orang yang datang dari tautan yang dibagikan di media sosial, dari situs web lain, dari iklan berbayar, dan dengan mengetikkan website Anda langsung ke pencarian.
Jika Anda melakukan pemasaran apa pun untuk meningkatkan kesadaran akan website Anda, bagian ini menunjukkan upaya Anda yang mana yang berhasil.
2. Anda dapat melacak apa yang dilakukan orang saat mereka berada di situs web Anda.
Mengarahkan orang ke website Anda adalah rintangan besar pertama yang Anda hadapi, tetapi memastikan mereka bertahan dan kembali juga sama pentingnya. Google Analytics melacak informasi itu juga.
Bagian Perilaku di Google Analytics memberikan informasi tentang halaman mana yang sering dikunjungi orang pertama di situs web Anda, halaman apa yang mereka klik ke halaman berikutnya (jika ada), dan berapa lama mereka menghabiskan waktu di situs web Anda.
Informasi ini akan membantu Anda memahami bagian mana dari website Anda yang berhasil mendapatkan daya tarik dan menentukan apakah Anda perlu mengerjakan ulang desain atau meningkatkan konten Anda agar orang-orang bertahan lebih lama.
3. Anda mendapatkan data tentang siapa yang mengunjungi situs web Anda dan bagaimana
Sebagian besar website tidak perlu menjangkau semua orang. Mungkin ada jenis pengunjung tertentu yang paling berharga bagi Anda. Google Analytics memberikan informasi tentang siapa orang yang mengunjungi situs web Anda dalam hal demografi, geografi, dan minat umum mereka secara online.
Selain itu, Anda dapat melihat browser apa yang mereka gunakan dan dari perangkat apa mereka berasal. Jika website Anda menawarkan pengalaman yang berbeda di satu perangkat atau browser dengan perangkat lain, Anda mungkin kehilangan beberapa pengunjung. Melihat berapa banyak orang yang mengunjungi situs Anda di seluler atau melalui Safari memberi tahu Anda betapa pentingnya mengoptimalkan orang-orang itu juga.
4. Anda dapat menemukan halaman paling populer di situs web Anda
Hampir setiap website akan memiliki beberapa halaman yang mendapatkan lebih banyak lalu lintas daripada yang lain. Dan Anda juga akan memiliki halaman yang membuat orang tetap berada di situs atau mencapai konversi lebih banyak daripada yang lain.
Jika Anda memiliki konten yang berperingkat tinggi atau sering dibagikan yang menghasilkan jumlah lalu lintas yang tidak proporsional, Google Analytics akan membantu Anda mengidentifikasinya. Sama pentingnya, jika beberapa halaman sangat baik dalam mengonversi pengunjung menjadi pelanggan atau pelanggan email, Google Analytics membantu Anda mengidentifikasinya juga.
Ketika Anda dapat menentukan halaman yang bekerja paling baik untuk berbagai tujuan Anda, Anda dapat menganalisis mengapa mereka bekerja dan membentuk strategi untuk website Anda bergerak maju berdasarkan keberhasilan masa lalu.
5. Ini membantu Anda melacak konversi.
Website yang berbeda akan memiliki tindakan berbeda yang paling diinginkan pengunjung untuk dilakukan. Anda dapat menyiapkan pelacakan konversi di Google Analytics untuk website Anda berdasarkan tindakan yang paling Anda ingin dilakukan pengunjung, seperti mengisi formulir, mendaftar ke daftar email Anda, atau melakukan pembelian.
Untuk sebagian besar situs web, data ini akan menjadi ukuran terpenting apakah website Anda melakukan tugas utamanya. Google Analytics akan membantu Anda mengukur apa yang berhasil di website Anda untuk mencapai konversi dan alasannya.
6. Gratis
Jika Anda memiliki anggaran terbatas, semua hal lain dalam daftar ini mungkin terdengar luar biasa tanpa meyakinkan Anda bahwa Anda layak mengeluarkan uang untuk alat ini. Tetapi Anda tidak perlu mengeluarkan apa pun. Google Analytics 100% gratis.
Berapa pun anggaran Anda, Anda mampu membelinya – dijamin.
7. Mudah
Jika Anda tidak terlalu paham teknologi, mendengar tentang alat perangkat lunak yang hebat dapat membuat Anda berpikir betapa bagusnya hal itu bagi orang lain yang dapat mengetahui cara menggunakannya. Tetapi Google Analytics sangat intuitif bahkan untuk pemilik website pemula dengan keterampilan teknologi tingkat dasar untuk mengetahuinya.