Setiap klik yang diperoleh dari website yang Anda miliki dengan susah payah dengan tenaga, pikiran dan uang hanya untuk mendapatkan kunjungan ke website Anda. Tetapi begitu Anda berhasil membuat seseorang mengunjungi website Anda, sangat mudah juga untuk segera kehilangan mereka.
Untuk sebagian besar situs web, antara 26% dan 70% pengunjung terpental setelah mengunjungi satu halaman.
Ketika Anda memikirkan perilaku penjelajahan website Anda sendiri, itu mungkin tidak terlalu mengejutkan. Kita semua sibuk dan memiliki banyak konten web yang berbeda untuk dipilih. Anda mungkin tidak menghabiskan terlalu lama di satu website (kecuali itu Facebook atau Instagram).
Sebagai seseorang yang tertarik untuk membuat orang tidak hanya mengunjungi website Anda, tetapi juga mengambil tindakan tertentu setelah mereka melakukannya, bagaimana Anda membuat setiap klik yang diperoleh dengan susah payah itu melangkah lebih jauh? Solusinya ialah membangun website Landing Page.
Daftar Isi
Mengapa Harus Membangun Website Landing Page?
Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk membangun sebuah website yang kompleks seperti merancang halaman beranda, membangun halaman individual lainnya untuk setiap produk dan layanan yang Anda miliki. Ketika Anda memiliki semua halaman website yang sangat bagus itu, bisa jadi pengunjung website Anda sama sekali tidak suka karena mereka pikir website Anda terlalu ribet atau tidak efesien.
Tetapi jika Anda berinvestasi dalam pemasaran dan periklanan, website landing page adalah salah satu cara Anda memastikan bahwa investasi yang Anda lakukan terbayar. Website Landing Page sangat fokus pada apa yang diminati pengunjung Anda. Jika konsumen mengklik iklan yang mempromosikan penawaran tertentu dan mengarah ke halaman website Anda, mereka mungkin pertama kali akan bingung tentang cara menemukan penawaran yang dijanjikan kepada mereka. Jika respon pertama mereka adalah kebingungan atau terganggu, mereka mungkin akan menutup/pergi meninggalkan website Anda.
Membangun website Landing Page agar cocok dengan setiap kampanye/iklan Anda memberi Anda kesempatan untuk menyesuaikan apa yang akan dilihat pengunjung Anda dengan apa yang mereka minati. Anda dapat memastikan halaman tersebut cocok dengan apa yang telah dijanjikan kepada mereka, dan mendesainnya agar memiliki sedikit distraksi sehingga lebih efektif mendorong mereka untuk mengambil tindakan yang Anda inginkan.
Bagaimana Cara Membuat Website Landing Page di WordPress?
Jika Anda sudah familiar dengan WordPress, Anda sama sekali tidak akan terkejut mengetahui bahwa cara terbaik untuk membuat Landing Page adalah dengan menggunakan plugin. Berikut adalah sejumlah opsi bagus yang bisa dipilih.
1. SeedProd
SeedProd adalah plugin premium, jadi langkah pertama untuk membuat landing page adalah dengan membeli plugin. Setelah selesai, install plugin di dalam WordPress. Jika diminta silahkan isi kunci lisensi dan klik verifikasi.
2. Sunny
Jika Anda belum siap untuk mengeluarkan uang untuk plugin Landing Page, Sunny menyediakan opsi gratis. Cari dan unduh Sunny di dalam menu plugin WordPress. Anda kemudian akan diminta untuk membuat akun atau masuk. Jika Anda belum memiliki akun di Sunny, pilih opsi untuk membuat akun.
Plugin akan mengarahkan Anda ke situs web Sunny. Di sinilah Anda akan membuat Landing Page Anda. Jelajahi opsi template Anda, dan pilih yang Anda suka. Gunakan drag-and-drop builder untuk menyesuaikan halaman sesuai keinginan Anda. Setelah halaman Anda terlihat seperti yang Anda inginkan, klik Publikasikan di situs web, dan pilih opsi WordPress.
Saat Anda menavigasi kembali ke bagian plugin akun WordPress Anda, Anda akan melihat halaman yang Anda buat. Klik di atasnya, isi URL yang Anda inginkan, dan Publikasikan.
Atau, jika Anda ingin melewati penggunaan plugin, Anda dapat membuat halaman di WordPress yang menghilangkan elemen yang berpotensi mengganggu seperti menu utama, sidebar, dan footer Anda dengan membuat template baru untuk digunakan. Tetapi opsi ini menjadi sedikit teknis, jadi hanya disarankan bagi mereka yang merasa nyaman dengan pengkodean.
5 Praktik Terbaik untuk Landing Page yang Lebih Efektif
Itu mencakup sisi teknis membangun Landing Page, tetapi bagaimana Anda memastikan itu melakukan tugasnya? Ada beberapa praktik terbaik utama yang harus diikuti saat membuat Landing Page.
1. Memiliki satu tujuan yang jelas.
Fokus Landing Page yang baik adalah tunggal. Pastikan Anda tahu persis apa yang Anda ingin capai. Apakah tujuannya agar pengunjung mendaftar ke daftar email Anda? Siapkan panggilan penjualan? Mendaftar untuk uji coba? Seluruh halaman Anda akan dirancang di sekitar satu tujuan ini, jadi pastikan Anda memiliki satu tujuan yang jelas.
2. Hanya menampilkan satu tombol Call To Action (CTA) dan membuatnya sangat jelas.
Setelah Anda mengetahui tindakan utama yang ingin dilakukan pengunjung Anda, rancang halaman Anda sedemikian rupa sehingga berada di depan dan di tengah. Anda tidak ingin siapa pun yang mengunjungi halaman merasa kebingungan sedikit pun tentang apa yang Anda ingin mereka lakukan selanjutnya.
Hapus semua distraksi lainnya. Jika tujuan utama Anda adalah membuat mereka mendaftar untuk uji coba, jangan memasukkan formulir untuk daftar email Anda. Sebagian besar Landing Page bahkan menghapus bagian umum halaman website seperti menu utama atau sidebar, sehingga pengunjung tidak keluar dari CTA utama yang Anda ingin mereka fokuskan.
3. Buat sebuah kalimat yang menarik untuk tombol Call To Action Anda.
Mengapa pengunjung ingin melakukan tindakan ini? Buat kasus persuasif mengapa CTA Anda berharga bagi mereka. Apa yang akan mereka dapatkan dari mengambil tindakan ini? Bagaimana itu akan membuat hidup mereka lebih mudah atau lebih baik? Singkat tapi jelas tentang apa yang akan mereka dapatkan sebagai balasannya.
4. Sertakan Media Sosial.
Sebagian besar konsumen akan lebih mempercayai rekan mereka daripada merek, jadi gunakan itu. Menampilkan bukti sosial yang menarik di website Landing Page Anda, seperti testimonial atau jumlah orang yang telah melakukan tindakan itu sebelumnya (misal. Bergabung dengan lebih dari 100.000 pelanggan!). Dengan mengetahui pilihan yang dibuat orang lain sebelumnya dapat mendorong mereka ke tindakan yang Anda inginkan.
5. Pastikan cara Anda mempromosikannya sesuai dengan isi halaman Landing Page (dan sebaliknya).
Anda harus membuat Landing Page yang berbeda untuk setiap kampanye yang Anda luncurkan, sehingga Anda dapat memastikan halaman tersebut cocok dengan kampanye. Salinan dan CTA pada halaman harus menindaklanjuti pesan yang mendorong orang ke sana untuk memulai. Jika Anda mempromosikan penawaran tertentu dalam kampanye Anda, itu harus menjadi fokus Landing Page Anda. Jika pengunjung Anda akhirnya melihat sesuatu selain yang dijanjikan, mereka cenderung mengklik tanpa mengambil tindakan.
Gunakan Website Landing Page untuk Hasil yang Lebih Baik
Karena mereka lebih fokus, Landing Page yang baik dapat mencapai hasil yang lebih baik daripada menjatuhkan pengunjung di beranda umum Anda. Seperti apa pun, ada baiknya menguji Landing Page Anda saat Anda pergi. Perhatikan analitik Anda untuk melihat apa yang paling cocok dengan audiens Anda, dan buat penyesuaian berdasarkan apa yang Anda pelajari. Dengan latihan dan analisis, seiring waktu Anda akan melihat konversi pengunjung atau penjualan tumbuh.